Kamis, 26 November 2009

INISIASI 5 STRATEGI PEMBELAJARAN

Inisiasi 5
PEMILIHAN STRATEGI PEMBELAJARAN
Saudara mahasiswa,
Pemilihan (faktor – faktor penentu) Strategi Pembelajaran ini merupakan Unit 8 mata kuliah
STRATEGI PEMBELAJARAN. Unit ini terdiri atas 2 sub Unit, yaitu (1). Kriteria pemilihan strategi
pembelajaran, dan (2). Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM), sebagai
faktor pemilihan Strategi Pembelajaran. Dengan demikian setelah mempelajari Unit ini Anda
diharapkan mampu :
1. mendeskripsikan dengan contoh faktor-faktor penentu (kriteria) pemilihan Strategi
Pembelajaran.
2. menjelaskan pengertian PAKEM
3. mendeskripsikan dengan contoh prinsip-prinsip Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan
Menyenangkan (PAKEM) sebagai faktor penentu pemilihan Strategi Pembelajaran.
Materi Unit ini akan membekali Anda dengan berbagai acuan yang akan dipergunakan dalam
memilih dan merancang strategi pembelajaran di SD-MI. Dengan demikian, pembelajaran yang
dilaksanakan di SD-MI makin efisien dan efektif, bukan hanya untuk mencapai tujuan pembelajaran
tetapi juga untuk pembentukan kemampuan belajar murid-muridnya. Untuk mencapai tujuan tersebut
di atas, Anda diharapkan membaca secara bertahap dan berlanjut uraian dalam Unit ini. Setiap Anda
membaca uraian tersebut, usahakan mengingat kembali pengalaman dalam membelajarkan muridmurid
Anda, serta cermati apakah pengalaman mengajar tersebut telah sesuai dengan gagasan yang
Anda baca.
Saudara mahasiswa,
Kriteria pemilihan strategi pembelajaran antara lain: relevansi (epistmologis, psikologis, dan sosial),
efektivitas/hasil guna (baik dampak instruksional maupun dampak pengiring), dan efisiensi/daya
guna. Pemilihan strategi pembelajaran harus pula dalam latar mewujudkan visi dan misi pendidikan
nasional, utamanya dua sisi utama pembelajaran yang mendidik, yakni penguasaan IPTEKS dan
pengembangan kepribadian.
Pemilihan dan penggunaan Strategi Pembelajaran yang tepat, utamanya dalam rangka pelaksanaan
PAKEM di SD-MI, bukan hanya akan meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajaran, tetapi
yang tidak kalah pentingnya adalah murid menguasai dengan baik kemampuan/ketrampilan belajar
yang tepat. Penguasaan kemampuan/ketrampilan belajar itu (sejenis meta-kognisi) akan memberi
peluang murid akan belajar sepanjang hayatnya, dan pada gilirannya akan terbentuk masyarakat
belajar yang sangat penting demi kemajuan bangsa dan negara. Komponen PAKEM (aktif, kreatif,
efektif, dan menyenangkan) merupakan kriteria penting dalam pemilihan strategi pembelajaran untuk
mewujudkan suatu pembelajaran yang mendidik. Komponen aktif dan efektif sudah banyak dikaji,
sedangkan komponen kreatif dan menyenangkan masih memerlukan kajian mendalam untuk
mewujudkannya.
Selanjutnya, agar lebih luas dan mendalam pemahaman Anda tentang Pemilihan Strategi
Pembelajaran, Anda diminta untuk membaca Bahan Ajar Cetak, Unit 8 (halaman 8.1 s/d 8.23).
Nah setelah Anda kaji lebih dalam materi ini pada halaman yang sudah disebutkan di atas,
kerjakanlah soal-soal berikut:
1. Jelaskan dengan contoh faktor-faktor penentu (kriteria) pemilihan Strategi Pembelajaran.
2. Jelaskan pengertian PAKEM
3. Jelaskan dengan contoh prinsip-prinsip Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan
Menyenangkan (PAKEM) sebagai faktor penentu pemilihan Strategi Pembelajaran
Saudara, semua soal-soal di atas sekaligus sebagai beban tugas yang kelima. Oleh karena itu
kerjakanlah dengan sungguh-sungguh agar Anda mempunyai nilai yang dapat dikontribusikan ke
nilai akhir. Selamat belajar dan sukses selalu.
Tugas inisiasi 5 ini akan dikumpulkan sebelum pertemuan residensial yang akan datang !!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar