Kamis, 12 November 2009

Inisiasi 3 Belajar & Pembelajaran SD

INISIASI 3
MERANCANG PERENCANAAN PEMBELAJARAN YANG MENDIDIK

Saudara mahasiswa, selamat berjumpa kembali pada pertemuan inisiasi ketiga. Pada pertemuan ke 3 ini Anda akan mempelajari materi tentang Langkah Perencanaan Pembelajaran yang Mendidik. Untuk memperlancar belajar Anda, sebaiknya mempelajari dan menguasai dahulu materi-materi yang ada pada modul Unit 3, yang terdiri dari subunit 3.1 sampai 3.2.

Setelah Anda mempelajari Unit 3 mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran ini, diharapkan Anda mampu merancang langkah perencanaan pembelajaran yang mendidik, dengan indikatornya
1. Mampu menjelaskan keterkaitan antara kompetensi dasar, hasil dan indikator, pengalaman belajar, materi pokok dan assesmen pembelajaran yang mendidik
2. Mampu mengidentifikasikan dan menjelaskan langkah perencanaan pembelajaran yang mendidik.
3. Mampu menyebutkan dan menjelaskan tahap-tahap dalam pembelajaran dan keterkaitannya dengan teori belajar konstruktivisme!
4. Rancang satu model pembelajaran menurut teori belajar konstruktivisme, dan bebas menentukan mata pelajaran yang dirancang model pembelajaran tersebut.

Selanjutnya, agar lebih luas dan mendalam pemahaman Anda tentang materi Langkah Perencanaan Pembelajaran yang Mendidik, Anda diminta untuk membaca Bahan Ajar Cetak, Unit 3 (halaman 1 s/d 42).
Nah setelah Anda kaji lebih dalam materi ini pada halaman yang sudah disebutkan di atas, kerjakanlah soal-soal berikut:
1. Mengapa kajian SK&KD menjadi langkah paling awal dalam perencanaan pembelajaran yang mendidik?
2. Identifikasikan dan jelaskan langkah perencanaan pembelajaran yang mendidik,
3. Sebutkan dan jelaskan pertahapan dalam pembelajaran dengan teori belajar konstruktivisme!
4. Rancang satu model pembelajaran menurut teori belajar konstruktivisme, dan bebas menentukan mata pelajaran yang dirancang model pembelajaran tersebut.

Saudara, tugas di atas sekaligus sebagai tugas yang ketiga. Oleh karena itu kerjakanlah dengan sungguh-sungguh agar Anda mempunyai nilai yang dapat dikontribusikan ke nilai akhir. Selamat belajar dan semoga sukses selalu.
Tugas inisiasi 3 ini akan dikumpulkan pada pertemuan inisiasi 4 yang akan datang !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar