Kamis, 12 November 2009

Inisiasi 2 Strategi Pembelajaran

Inisiasi 2
Konsep Dasar Strategi Pembelajaran & Klasifikasi Strategi Pembelajaran

Saudara mahasiswa, selamat berjumpa kembali pada pertemuan inisiasi kedua ini. Pada pertemuan ke 2 ini Anda akan mendiskusikan materi tentang landasan Konsep Dasar Strategi Pembelajaran & Klasifikasi Strategi Pembelajaran. Untuk memperlancar diskusi materi ini, sebaiknya Anda mempelajari dan menguasai dahulu materi-materi yang terdapat pada modul Strategi Pembelajaran Unit 2 & Unit 3 yang terdiri dari :
Sub unit 2.1 Strategi, Pendekatan, Model, Metode, dan Teknik Pembelajaran.
Sub unit 3.1 Klasifikasi Strategi Pembelajaran Secara Sederhana
Sub unit 3.2 Klasifikasi Model Pembelajaran Menurut Bruce Joyce dan Marsha Weil
Setelah Anda mempelajari Unit 2 & 3mata Kuliah Strategi Pembelajaran ini, diharapkan Anda dapat: Menguasai Konsep Dasar Strategi Pembelajaran & Klasifikasi Strategi Pembelajaran, dengan indikatornya:
1. .Menguasai metode pembelajaran, strategi pembelajaran, model pembelajaran, pendekatan pembelajaran, teknik pembelajaran, tidak saja secara teoritis, namun juga penerapannya.
2. Mampu mengemukakan klasifikasi strategi pembelajaran ditinjau dari segi pengaturan guru dan siswa disertai penerapannya.
3. Mampu mengidentifikasikan persamaan dan perbedaan dari setiap rumpun model pembelajaran (model pemrosesan informasi, model personal, model interaksi social, model sistem perilaku.

Selanjutnya, agar lebih luas dan mendalam pemahaman Anda tentang materi Konsep Dasar Strategi Pembelajaran yang mendidik, Anda diminta untuk membaca Bahan Ajar Cetak, Unit 2 (halaman 2.1 s/d 3.14).


Nah setelah Anda kaji lebih dalam materi ini pada halaman yang sudah disebutkan di atas, kerjakanlah soal-soal berikut:
1. Rumuskan pengertian dari ke 5 istilah di bawah ini dengan kalimat Anda sendiri disertai dengan contohnya masing-masing :
a. Metode pembelajaran
b. Strategi pembelajaran
c. Model pembelajaran
d. Pendekatan pembelajaran
e. Teknik pembelajaran
2. Kemukakan klasifikasi strategi pembelajaran ditinjau dari segi pengaturan guru dan siswa disertai dengan penjelasan singkatnya masing-masing!
3. Identifikasikan persamaan dan perbedaan dari setiap rumpun model pembelajaran di bawah ini:
2.1 Model Pemrosesan Informasi
2.2 Model Personal
2.3 Model Interaksi Sosial
2.4 Model Sistem Perilaku

Saudara, semua soal-soal di atas sekaligus sebagai beban tugas yang kedua. Oleh karena itu kerjakanlah dengan sungguh-sungguh agar Anda mempunyai nilai yang dapat dikontribusikan ke nilai akhir. Selamat belajar dan sukses selalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar