Kamis, 12 November 2009

Inisiasi 3 Pendidikan Belajar Peserta Didik

Inisiasi 3
TEKNIK NOTES UNTUK MEMAHAMI PESERTA DIDIK

Saudara mahasiswa,
Setelah anda mempelajari unit 1, 2 dan 3 mengenai konsep dasar perkembangan belajar peserta didik dan aspek-aspek perkembangannya, maka pada pertemuan kali ini kita akan membahas teknik-teknik yang dapat anda gunakan untuk memperoleh keterangan sebanyak-banyaknya dan selengkap-lengkapnya tentang peserta didik dan lingkungannya. Pengumpulan data ini penting dilakukan untuk dapat membantu para peserta didik agar dapat berkembang secara optimal. Setiap peserta didik, aktif dan berkembang menurut polanya sendiri-sendiri karena seiap mereka mempunyai perbedaan-perbedaan yang sangat pribadi yang disebut sebagai individual differences.
Setelah Anda mempelajari Unit 4 Mata Kuliah Perkembangan Belajar Peserta Didik ini, diharapkan Anda dapat Menguasai teknik-teknik pengumpulan data dengan indikatornya
(1) mampu menjelaskan pengertian, jenis, dan bentuk dari teknik pengumpulan data non tes untuk memahami peserta didik.
(2) mampu menjelaskan pengertian, kegunaan dan langkah-langkah penyelenggaraan sosiometri.

Selanjutnya, agar lebih luas dan mendalam pemahaman Anda tentang konsep dasar perkembangan belajar peserta didik, Anda diminta untuk membaca Bahan Ajar Cetak, Unit 1 (halaman 4.1 s/d 4.42).



Nah setelah Anda kaji lebih dalam materi ini pada halaman yang sudah disebutkan di atas, kerjakanlah soal-soal berikut:
(1) Jelaskan pengertian, jenis, dan bentuk dari teknik pengumpulan data non tes untuk memahami peserta didik.
(2) Jelaskan pengertian, kegunaan dan langkah-langkah penyelenggaraan sosiometri
Saudara, semua soal-soal di atas sekaligus sebagai beban tugas yang pertama. Oleh karena itu kerjakanlah dengan sungguh-sungguh agar Anda mempunyai nilai yang dapat dikontribusikan ke nilai akhir. Selamat belajar dan sukses selalu.
Tugas inisiasi 3 ini akan dikumpulkan pada pertemuan inisiasi 4 yang akan datang !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar