Kamis, 12 November 2009

Inisiasi 1 Belajar & Pembelajaran SD

Inisiasi 1
Pengertian Dan Hakikat Belajar Dan Pembelajaran Di Sd/Mi
Saudara mahasiswa,
Pada pertemuan kali ini kita akan mendiskusikan materi tentang pengertian dan hakikat belajar
dan pembelajaran, menurut teori belajar Behaviorisme, Kognitivisme, Konstruktivisme,
Humanisme. Untuk kelancaran mempelajari materi ini, sebaiknya Anda telah mempelajari dan
menguasai materi-materi yang ada pada modul Belajar dan Pembelajaran Unit 1 yang terdiri dari
sub unit 1.1 sampai 1.4. Pada modul Unit 1 tersebut jika telah Anda pelajari dengan teliti akan
memperoleh informasi tentang pengertian belajar dan pembelajaran menurut teori belajar
Behaviorisme
(sub unit 1.1), teori belajar Kognitivisme
(sub unit 1.2), teori belajar Konstruktivisme
(sub unit 1.3), dan teori belajar Humanisme.
Setelah Anda mempelajari Unit 1 mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran ini, diharapkan Anda
dapat menjelaskan: Menguasai pengertian/hakikat belajar dan pembelajaran dengan indikatornya
(1) mampu membuat garis besar tahapan perkembangan kognitif tiap tahapan perkembangan
yang menggambarkan isi struktur kognitif yang khas sesuai perbedaan antar tahapan.
(2) mampu menjelaskan konsep-konsep yang mempengaruhi pola berfikir individu.
(3) mampu menjelaskan hubungan konsep belajar di antara teori belajar perkembangan kognitif,
kognisi social dan pemrosesan informasi
(4) mampu menjelaskan model berfikir yang didasarkan pada temuan riset linguistic, psikologi,
antropologi dan ilmu berfikir.
Selanjutnya, agar lebih luas dan mendalam pemahaman Anda tentang Pengertian dan Hakikat
Belajar dan Pembelajaran, Anda diminta untuk membaca Bahan Ajar Cetak, Unit 1 (halaman 1
s/d 49).
Nah setelah Anda kaji lebih dalam materi ini pada halaman yang sudah disebutkan di atas,
kerjakanlah soal-soal berikut:
1. Buatlah garis besar tahapan perkembangan kognitif tiap tahapan perkembangan yang
menggambarkan isi struktur kognitif yang khas sesuai perbedaan antar tahapan!
2. Jelaskan bagaimana budaya lingkungan mempengaruhi pola berfikir individu!
3. Jelaskan hubungan konsep belajar di antara teori belajar perkembangan kognitif, kognisi
social dan pemrosesan informasi!
4. Jelaskan model berfikir yang didasarkan pada temuan riset linguistic, psikologi, antropologi
dan ilmu berfikir!
Saudara, semua soal-soal di atas sekaligus sebagai beban tugas yang pertama. Oleh karena itu
kerjakanlah dengan sungguh-sungguh agar Anda mempunyai nilai yang dapat dikontribusikan ke
nilai akhir. Selamat belajar dan sukses selalu.
Tugas inisiasi 1 ini akan dikumpulkan pada pertemuan inisiasi 2 yang akan datang !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar