Kamis, 12 November 2009

Inisiasi 3 Strategi Pembelajaran

INISIASI 3
PENDEKATAN CARA BELAJAR SISWA AKTIF (CBSA) & PENDEKATAN KETRAMPILAN PROSES (PKP)

Saudara mahasiswa, selamat berjumpa kembali pada pertemuan inisiasi ketiga. Pada pertemuan ke 3 ini Anda akan mempelajari materi tentang pendekatan cara belajar siswa aktif & pendekatan ketrampilan proses. Untuk memperlancar belajar Anda, sebaiknya mempelajari dan menguasai dahulu materi-materi yang ada pada modul Unit 4&5, yang terdiri dari:
subunit 4.1 Rasional & pengertian pendekatan CBSA
subunit 4.2 Prinsip dan indicator pendekatan CBSA
subunit 5.1 Rasional dan pengertian pendekatan ketrampilan proses.
Subunit 5.2 Ketrampilan proses dan penerapannya dalam pembelajaran di SD - MI

Setelah Anda mempelajari Unit 4 & 5 mata kuliah Strategi Pembelajaran ini, diharapkan Anda mampu menjelaskan dan mendiskripsikan pendekatan CBSA & PKP, dengan indikatornya
1. Mampu menjelaskan sejauh mana prinsip belajar mempengaruhi pendekatan CBSA!
2. Mampu menjelaskan keterkaitan antara pendekatan CBSA dan pendekatan PKP, serta mampu mengidentifikasikan persamaan dan perbedaannya!

Selanjutnya, agar lebih luas dan mendalam pemahaman Anda tentang materi Langkah Perencanaan Pembelajaran yang Mendidik, Anda diminta untuk membaca Bahan Ajar Cetak, Unit 4 & 5 (halaman 4.1 s/d 5.10).



Nah setelah Anda kaji lebih dalam materi ini pada halaman yang sudah disebutkan di atas, kerjakanlah soal-soal berikut:
1. Jelaskan sejauh mana prinsip belajar mempengaruhi pendekatan CBSA!
2. Jelaskan keterkaitan antara pendekatan CBSA dan pendekatan PKP, identifikasikan pula persamaan dan perbedaannya!

Saudara, tugas di atas sekaligus sebagai tugas yang ketiga. Oleh karena itu kerjakanlah dengan sungguh-sungguh agar Anda mempunyai nilai yang dapat dikontribusikan ke nilai akhir. Selamat belajar dan semoga sukses selalu.
Tugas inisiasi 3 ini akan dikumpulkan pada pertemuan inisiasi 4 yang akan datang !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar