Kamis, 12 November 2009

Inisiasi 1 Pendidikan Belajar Peserta Didik

Inisiasi 1
KONSEP DASAR PERKEMBANGAN
BELAJAR PESERTA DIDIK

Saudara mahasiswa,
Pada pertemuan kali ini kita akan mendiskusikan materi tentang konsep dasar perkembangan yang mendasari perkembangan belajar peserta didik, yang meliputi pengertian perkembangan belajar peserta didik, prinsip-prinsip perkembangan dan karakterisitik perkembangan peserta didik usia Sd/Mi. Untuk menguasai kompetensi dasar ini, Anda harus mengkaji bahan ajar cetak dengan cermat melalui membaca naskah dalam Unit 1 ini.
Unit 1 ini terdiri dari Sub Unit 1, Sub unit 2 dan Sub Unit 3. Adapun Sub Unit 1 membahas tentang konsep dasar perkembangan yang mendasari perkembangan belajar peserta didik, Sub Unit 2 membahas prinsip-prinsip perkembangan dan Sub unit 3 membahas tentang karakterisitik perkembangan peserta didik usia Sd/Mi.
Jika Anda menguasai konsep dasar perkembangan belajar peserta didik yang dibahas dalam Unit 1 ini, maka Anda akan menguasai salah satu aspek dari kompetensi perkembangan belajar, terutama pada peserta didik usia Sd/Mi.
Setelah Anda mempelajari Unit 1 Mata Kuliah Perkembangan Belajar Peserta Didik ini, diharapkan Anda dapat Menguasai pengertian/prinsip-prinsip dasar dengan indikatornya
(1) mampu merumuskan pengertian perkembangan, belajar, dan peserta didik.
(2) mampu menjelaskan dengan contoh minimal lima prinsip perkembangan peserta didik.
(3) mampu mengidentifikasikan karakteristik peserta didik usia SD/MI.
(4) mampu menjelaskan tugas-tugas perkembangan peserta didik usia SD/MI.

Selanjutnya, agar lebih luas dan mendalam pemahaman Anda tentang konsep dasar perkembangan belajar peserta didik, Anda diminta untuk membaca Bahan Ajar Cetak, Unit 1 (halaman 1 s/d 23).



Nah setelah Anda kaji lebih dalam materi ini pada halaman yang sudah disebutkan di atas, kerjakanlah soal-soal berikut:
(1) Rumuskan pengertian perkembangan, belajar, dan peserta didik.
(2) Jelaskan dengan contoh minimal lima prinsip perkembangan peserta didik.
(3) Identifikasikan karakteristik peserta didik usia SD/MI.
(4) Jelaskan tugas-tugas perkembangan peserta didik usia SD/MI.
Saudara, semua soal-soal di atas sekaligus sebagai beban tugas yang pertama. Oleh karena itu kerjakanlah dengan sungguh-sungguh agar Anda mempunyai nilai yang dapat dikontribusikan ke nilai akhir. Selamat belajar dan sukses selalu.
Tugas inisiasi 1 ini akan dikumpulkan pada pertemuan inisiasi 2 yang akan datang !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar