Selasa, 24 November 2009

INISIASI 4 BELAJAR DAN PEMBELAJARAN SD

Inisiasi 4
Melaksanakan Pembelajaran Yang Mendidik
Pada modul unit 4, Anda akan mempelajari bagaimana merancang dan melaksanakan pembelajaran yang mendidik. Materi unit ini terdiri atas dua subunit, yaitu subunit 4.2. membahas tentang keterkaitan antara kompetensi dasar, hasil dan indikator, pengalaman belajar, materi pokok, dan model assesmen dalam penerapan prinsip pembelajaran yang mendidik, dan subunit 4.2. membahas tentang penerapan prinsip dan langkah perencanaan pembelajaran yang mendidik.
Setelah mempelajari modul Unit 4 ini, diharapkan anda mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik, dengan indikatornya (1) mampu menggambarkan dan menjelaskan keterkaitan antara kompetensi dasar, hasil dan indikator, pengalaman belajar, materi pokok, dan model assesmen dalam penerapan prinsip pembelajaran yang mendidik, (2) mampu menidentifikasi dan menjelaskan penerapan prinsip dan langkah perencanaan pembelajaran yang mendidik, dan (3) mampu mempraktekan atau melaksanakan di kelas model pembelajaran yang mendidik.
Saudara mahasiswa,
Untuk mencapai tujuan tersebut diatas, maka Anda harus mempelajari secara mendalam materi-materi dalam modul 4 dengan subunit 4.1 dan subunit 4.2. Dikatakan bahwa setiap aktivitas yang dilakukan dalam pembelajaran ada tujuannya, ada materi, ada kegiatan, dan ada penilaiannya. Tujuan utama pembelajaran adalah mendidik peserta didik agar tumbuh kembang menjadi individu yang bertanggung jawab dan dapat mempertanggungjawabkan perbuatan belajarnya. Pencapaian tujuan pendidikan dilakukan secara sadar dan terencana. Hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran yang mendidik merupakan perubahan tingkah laku yang disadari, kontinu, fungsional, positif, tetap, bertujuan dan komprehensif. Pemerolehan pengetahuan dan keterampilan sebagai tujuan pembelajaran yang menekankan proses membelajarkan peserta didik bagaimana belajar (learning how to learn), dan akan berlangsung dengan baik apabila kondisi dan suasana belajar memungkinkan peserta didik terlibat secara aktif dan proaktif, bukan reakstif. Hal ini akan dapat dilaksanakan oleh guru yang menguasai standar kompetensi yang dipersyaratkan, harus dikelola berdasarkan rencana pembelajaran yang telah disusun sebelum pembelajaran dilangsungkan.
Inisias Belajar dan Pembelajaran 1
Ciri pengalaman belajar dalam pembelajaran yang mendidik adalah dapat diukur dan ditentukan skor pencapaian hasil belajar peserta didik, dan hasil tersebut dapat didefinisikan melalui kata kerja yang digunakan dalam merumuskan pengalaman belajar yang harus dialami peserta didik. Kata kerja tersebut harus berkaitan dengan domain kognitif, afektif dan psikomotorik yang terlibat dalam proses belajar peserta didik.
Pelaksanaan proses pembelajaran yang mendidik diarahkan untuk membantu peserta didik berkembang secara utuh, baik dalam dimensi kognitif, afektif dan psikomotorik. Olehkarena proses belajar merupakan kegiatan yang melibatkan keseluruhan potensi psikis dan phisik peserta didik, maka pembelajaran yang mendidik harus berpusat pada peserta didik sesuai dengan karakteristik dan tingkat kemampuan peserta didik. Keaktifan peserta didik harus diutamakan. Peserta didik harus didorong untuk memiliki keberanian untuk berpendapat, karena pada prinsipnya peserta didik mempunyai pengetahuan awal dan mempunyai kemampuan.
Selanjutnya, agar lebih luas dan mendalam pemahaman Anda tentang materi Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran yang Mendidik, Anda diminta untuk membaca Bahan Ajar Cetak Unit 4 (halaman 1 s/d 44).
Setelah Anda kaji lebih dalam materi ini pada halaman yang sudah disebutkan di atas, selanjutnya kerjakanlah soal-soal berikut:
1. Jelaskan keterkaitan antara kompetensi dasar, hasil dan indikator, pengalaman belajar, materi pokok, dan model assesmen dalam penerapan prinsip pembelajaran yang mendidik,
2. Identifikasikan dan jelaskan penerapan prinsip dan langkah perencanaan pembelajaran yang mendidik,
Tugas inisiasi 4 ini akan dikumpulkan pada pertemuan inisiasi 5 yang akan dating !!
2 Inisias Belajar dan Pembelajaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar