Selasa, 24 November 2009

INISIASI 5 BELAJAR DAN PEMBELAJARAN SD

Inisiasi 5
Rencana Penilaian Proses Dan Hasil Belajar Berdasarkan Tujuan Pembelajaran
Dalam unit 5 mata kuliah ini, Anda akan mempelajari prinsip perencanaan penilaian hasil pembelajaran yang mendidik. Secara khusus tentang prinsip perencanaan penilaian proses dan penilaian hasil pembelajaran yang mendidik berdasarkan tujuan yang menunjang pencapaian kompetensi dasar. Materi unit 5 ini mempunyai dua subunit, subunit 5.1. mempeljari tentng perencanaan penilaian pembelajaran, dan subunit 5.2. tentang prinsip perencanaan dan hasil pembelajaran yang mendidik.
Saudara mahasiswa, adapun kompetensi dasar yang hendak dicapai dalam mempelajari materi unit 5 ini adalah mampu menilai proses dan hasil pembelajaran yang mengacu kepada tujuan pembelajaran dengan indikator: (1) menyebutkan dan menjelaskan prinsip-prinsip perencanaan penilaian proses dan hasil belajar dan pembelajaran, (2) mampu menyebutkan dan menjelaskan langkah-langkah perencanaan penilaian proses dan hasil belajar dan pembelajaran, (3) mampu merancang kisi-ksis assesment/penilaian..
Untuk mencapai kompetensi, hasil dan indikator seperti yang diuraikan, anda harus mempelajari secara mendalam materi unit 5. Secara ringkas diuraikan sebagai berikut.
1. Pada sub unit 5.1. tentang prinsip penilaian pembelajaran, diuraikan bahwa penilaian dilakukan oleh guru untuk membantu proses kemajuan, perkembangan hasil belajar peserta didik sesuai dengan potensi yang dimiliki dan kemampuan yang diharapkan secara berkesinambungan. Penilaian juga memberikan umpan balik kepada guru agar dapat menyempurnakan perencanaan dan proses pembelajaran. Oleh karena itu, dalam perencanaan pembelajaran guru sudah merencanakan pula penilaian yang akan dilakukannya.
Perencanaan, penyusunan, dan pelaksanaan penilaian pembelajaran merupakan rangkaian program yang tidak dipisahkan dengan perencanaan pembelajaran. Perencanaan penilaian diawali dengan mengkaji standar kompetensi lulusan, dan mengidentifikasi indikator pencapaian. kompetensi. Berdasarkan indikator pencapaian kompetensi tersebut, guru menyusun instrumen penilaian pembelajaran. Instrumen penilaian pembelajaran tersebut harus memenuhi persyaratan reliabilitas

dan validitas instrumen agar hasil penilaian yang diperoleh dapat digunakan sebagai umpan balik bagi guru dalam proses pembelajaran..
2. Pada subunit 5.2. tentang prinsip perencanaan penilaian proses dan hasil pembelajaran yang mendidik, diuraikan bahwa penilaian pembelajaran yang mendidik merupakan implementasi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP). Penetapan tersebut membawa implikasi terhadap model dan teknik penilaian pembelajaran yang mendidik. Perencanaan penilaian pembelajaran mencakup penilian eksternal yang dilakukan oleh pihak lain, suatu lembaga dengan tujuan untuk pengendali mutu, dan penilaian internal direncanakan dan dilaksanakan oleh guru pada saat proses pembelajaran berlangsung dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik terhadap penguasan kompetensi yang dipelajari.
Bentuk kegiatan penilaian yang perlu dirancang dalam penilaian pembelajaran yang mendidik meliputi penilaian unjuk kerja, penilaian sikap, penilaian pengetahuan secara tertulis, penilaian proyek, penilaian portofolio, dan penilaian diri.
Selanjutnya, agar lebih luas dan mendalam pemahaman Anda tentang materi Rancangan Penilaian Proses dan Hasil Pembelajaran yang Mendidik, Anda diminta untuk membaca Bahan Ajar Cetak Unit 5 (halaman 1 s/d 46).
Setelah Anda kaji lebih dalam materi ini pada halaman yang sudah disebutkan di atas, selanjutnya kerjakanlah soal-soal berikut:
1. Sebutkan dan jelaskan prinsip-prinsip perencanaan penilaian proses dan hasil belajar dan pembelajaran,
2. Sebutkan dan jelaskan langkah-langkah perencanaan penilaian proses dan hasil belajar dan pembelajaran.
3. Rancanglah kisi-kisi assesmen/penilaian berdasarkan kompetensi dasar dan indikator hasil belajar.
Tugas inisiasi 5 ini akan dikumpulkan pada pertemuan terakhir ketika anda mengikuti ujian semester!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar